MENGINVESTIGASI PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DARI "BIG FIVE PERSONALITY" DI PLATFORM E-COMMERCE: PERAN MODERASI TEKANAN WAKTU DAN EMOSI
Abstract
Banyak penelitian sebelumnya yang meneliti tentang perilaku pembelian impulsif namun menggunakan konstruk yang berbeda-beda dan belum ada yang menggunakan time pressure dan emotions sebagai moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara lima faktor kepribadian (big five personality) dan perilaku pembelian impulsif pada platform e-commerce, serta peran moderasi tekanan waktu dan emosi. Big five personality mencakup lima faktor yaitu: agreeableness, conscientiousnes, extraversion, neutroticism dan openness. Penelitian ini juga meneliti peran moderasi dari tekanan waktu dan emosi terhadap hubungan antara big five personality dengan pembelian impulsif. Data penelitian diperoleh melalui survei online terhadap konsumen yang menggunakan platform e-commerce di Indonesia, dengan jumlah sampel sebanyak 290 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 4.0 melalui teknik analisis Structural Equation modelling (SEM). Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut yaitu: neutroticism berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying, personality openness juga berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying dan emotions sebagai moderasi dari conscientiousnes juga berpengaruh terhadap impulsive buying. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman mengenai big five personality dan perilaku pembelian impulsif pada platform ecommerce, sehingga dapat mengetahui lebih rinci mengenai faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembelian impulsif. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi pelaku bisnis dengan melakukan pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan untuk mempengaruhi dan menarik perilaku pembelian konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan di platform e-commerce.
Collections
- Manajemen [1151]