PENGARUH CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE OLEH IBU RUMAH TANGGA DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Oleh Ibu Rumah Tangga di Kota Medan. Hal ini menjadi menarik untuk lebih diteliti dan dikaji lebih dalam mengenai apa yang menjadi alasan konsumen mempunyai minat beli suatu produk terutama pada produk-produk wadah penyimpanan, wadah penyajian dan beberapa peralatan dapur.
Populasi dalam penelitian ini adalah Ibu Rumah Tangga yang berada di Kota Medan yang telah melakukan pembelian Tupperware dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survey dengan menyebar kuesioner terhadap beberapa konsumen Tupperware secara purposive sampling dan Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan nilai signifikansi a = 5% (0.05). Model ini menekankan pada pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian yang hasil analisisnya di olah dengan menggunakan SPSS 23.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan : citra merek berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Tupperware oleh Ibu Rumah Tangga di Kota Medan dengan nilai thitung 3,481 > ttabel 0,67695 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05, gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Tupperware oleh Ibu Rumah Tangga di kota Medan dengan nilai thitung 7,293 > ttabel 0,67695 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, citra merek dan gaya hidup memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan keputusan pembelian Tupperware. Citra merek dan gaya hidup dalam meningkatkan keputusan pembelian berpengaruh sebesar
74,2%.
Collections
- Manajemen [1151]