PENGARUH TATA RUANG DAN ATMOSFER WEBSITE TOKO ONLINE TERHADAP EMOSIONAL KONSUMEN UNTUK BERBELANJA TOKO ONLINE PT TOKOPEDIA (STUDI MAHASISWA/I UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN TAHUN 2019)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di PT Tokopedia yang mana bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh tata ruang dan atmosfer website terhadap emosional konsumen toko online tokopedia studi mahasiswa/I universitas HKBP Nommensen medan. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu tata ruang dan atmosfer website dengan satu variabel dependen yaitu emosional konsumen. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear, berganda untuk menguji apakah pengaruh tata ruang dan atmosfer website secara simultan berpengaruh terhadap emosional konsumen digunakan untuk uji F, dan untuk menguji pengaruh tata ruang dan atmosfer website secara parsial berpengaruh terhadap emosional konsumen digunakan uji t pada taraf signifikan 5% (α=5%). Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis ini adalah sebanyak 91 Mahasiswa Universitas HKBP Medan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa variabel tata ruang dan atmosfer website secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosional konsumen PT Tokopedia. Dan variabel tata ruang dan atmosfer website setelah di uji secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosional konsumen PT Tokopedia. Dan berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0.627 yang menunjukan bahwa variabel tata ruang dan atmosfer website mampu menjelaskan variabel terikat yakni emosional konsumen sebesar 62.7% sedangkan sisanya sebesar 37.3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
Collections
- Manajemen [1151]