PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE WARDAH PADA MARKETPLACE SHOPEE MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk Skincare Wardah pada marketplace shopee melalui kepercayaan konsumen. Responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wanita dan pria berusia 17 tahun yang berdomisili di kota Medan dan pernah melakukan pembelian produk skincare wardah di marketplace shopee dan mengisi online customer review dan online customer rating. Setelah melakukan pengumpulan data, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling dengan teknik non-probability sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa online customer review dan online customer rating tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, online customer review tidak memiliki pengaruh terhadap kepercayaan konsumen sedangkan online customer rating berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Kepercayan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.Pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen tidak memiliki pengaruh yang signifikan sedangkan Pengaruh online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen memiliki pengaruh yang Signifikan dalam mempengaruhi hubungan antara online customer rating dengan keputusan pembelian. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui pendekatan permodelan persamaan structural (SEM) sebagai analisis data menggunakan perangkat lunak Smart-PLS 3.0
Collections
- Manajemen [1151]