SUATU KAJIAN TENTANG PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KECAMATAN BAKTIRAJA KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi
masyarakat terhadap kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan
Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian ini menggunakan bentuk
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan
dokumentasi. Hasil Penelitian terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas
di Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan diukur dengan
menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan publik yakni Bukti Langsung
(Tangibles), Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan
(Assurance), dan Empati (Empaty).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Kesehatan di
Puskesmas Kecamatan Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan secara umum
secara umum sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada beberapa hal yang
masih di perbaiki seperti alat-alat kesehatan yang masih kurang, kursi dalam
ruang tunggu masih kurang, sikap yang kurang ramah yang dilakukan oleh
petugas kesehatan, kemudian kehandalan dan kepercayaan yang diberikan pihak
petugas kesehatan terhadap pasien masih belum maksimal juga masih perlu
ditingkatkan lagi.
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]