PENGARUH K-POP SEBAGAI BRAND AMBASSADOR DAN BRAND AWARENESS TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN SHOPEE DI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh K-Pop sebagai Brand Ambassador dan Brand Awareness terhadap Loyalitas Konsumen Shopee di Medan. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas (Independent Variable) yaitu Brand Ambassador (X1) dan Brand Awareness (X2), dengan satu variabel terikat (Dependent Variable) yaitu Loyalitas Konsumen. Data penelitian didapatkan dari 130 responden yang telah sesuai dengan karakteristik responden yang ditentukan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan metode hair et. all, untuk pengumpulan datanya menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Brand Ambassador secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Shopee di Medan, dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan koefisien regresi sebesar 0,574, Brand Awareness secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Shopee di Medan, dibuktikan dari nilai thitung lebih besar dari ttabel dengan koefisien regresi sebesar 0,391; dan Brand Ambassador serta Brand Awareness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Shopee di Medan, dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel. Berdasarkan hasil koefisien determinasi
(R2), Brand Ambassador dan Brand Awareness mampu menjelaskan Loyalitas
Konsumen sebesar 0,622 atau 62,2% dan selebihnya dijelaskan oleh variabel lainnya seperti Celebrity Endorser, Kualitas Pelayanan dan lainnya yang sekiranya dapat menjadi faktor pertimbangan konsumen dalam menetapkan loyalitas terhadap suatu produk.
Collections
- Manajemen [1151]