PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUK KERAJINAN TENUN ULOS DI DESA SIMASOM PAHAE JULU KABUPATEN TAPANULI UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Social Media Marketing terhadap Kinerja Pemasaran Produk Kerajinan Tenun Ulos di Desa Simasom Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara. Data penelitian ini menggunakan satu variabel bebas (Social Media Marketing) dan variabel terikat (Kinerja Pemasaran). Data penelitian ini menggunakan 100 responden yang telah sesuai dengan karakteristik responden yang ditentukan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode nonprobability sampling, untuk pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Dari hasil hipotesis dapat disimpulkan bahwa Social Media Marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Dari hasil uji analisis regresi sederhana, Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien regresi 0,458. Dari
hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel Social Media Marketing dapat menjelaskan kinerja pemasaran sebesar 0,419 atau 41,9%, sedangkan sisanya
58,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti.
Collections
- Manajemen [955]