dc.description.abstract | Pembelajaran matematika memiliki tujuan agar peserta didik dapat mengenal konsep, menalar, menyelesaikan perselisihan dan bertukar pikiran, serta menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai macam permasalahan yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dapat kita selesaikan dengan menggunakan konsep matematika. Ini dapat dianggap sebagai kemampuan literasi matematika dalam pendidikan. Orang yang melek matematika dapat memperkirakan, menafsirkan data, dan memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan matematika. Dalam penelitian ini, peneliti akan menganalisis kemampuan literasi matematika melalui kegiatan pembiasaan matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat. Dimana pembiasaan matematika itu sendiri dapat menumbuhkan kebiasaan positif yang dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika melalui kegiatan pembiasaan matematika kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat pada materi balok memiliki kriteria sedang dengan persentase sebanyak 77% . | en_US |