• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP N 3 RAYA

    Thumbnail
    View/Open
    MASNIAWITA GLORIA SINAGA.pdf (298.4Kb)
    Date
    2022-11-24
    Author
    SINAGA, MASNIAWITA GLORIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended pada materi sistem persamaan linier dua variabel terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik di kelas VIII SMP N 3 Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 3 Raya T.A. 2022/2023. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen yaitu kelas VIII-1 yang terdiri dari 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif dengan post-test bentuk soal essay telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi untuk pendekatan open-ended. Setelah dilakukan pendekatan open-ended, diperoleh nilai rata-rata observasi untuk pendekatan open-ended70,33 dengan simpangan baku 12,029 dan nilai rata-rata post-test untuk kemampuan berpikir kreatif matematis 73,63 dengan simpangan baku 15,1. Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Ŷ=-8,1+1,1625X. Pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier b = 1,1625 berniali positif artinya kemampuan berpikir kreatif peserta didik akan meningkat dengan pendekatan open-ended sebesar b = 1,1625. Dari uji kelinieran dan keberartian regresi signifikan diperoleh F_hitung≥F_tabel atau165,846≥4,20, maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik sehingga diharapkan pendekatan open-ended dapat digunakan sebagai alternatif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Dengan nilair^2=85,56% artinya pendekatan open-ended mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dan selebihnya dipengaruhi faktor lain.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7831
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback