ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PEMBUATAN PASPOR (Studi Kasus Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Asahan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas sistem informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Asahan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 85 orang responden yang mewakili masyarakat yang melakukan pengurusan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Balai Asahan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda untuk menguji seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas sistem informasi berpengruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung 4,037 ttabel 1,663 dan nilai signifikansi hitung sebesar 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai thitung 3,318 ttabel 1,663 dan nilai signifikasni hitung sebesar 0,001 < 0,05. Berdasarkan Uji simultan (F) bahwa kualitas sistem informasi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyrakat dengan nilai Fhitung 138,162 > Ftabel 3,11. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 87,8% dan sisanya 12,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1017]