dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media Google Classroom efektif terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Air Putih. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Air Putih yang terdiri dari 4 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1 dengan jumlah total siswa 35 siswa yang dijadikan sampel 24 orang siswa dan kelas VIII-4 jumlah total siswa 35 siswa yang dijadikan sampel 15 orang siswa yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi Covid-19 maka hanya 24 orang siswa dari kelas eksperimen dan 15 orang siswa kelas kontrol yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-1) dan sebagai kelas kontrol (VIII-4). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan penalaran matematis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan penalaran matematis mempunyai nilai rata-rata μ_1=71,79. Pada kelas kontrol kemampuan penalaran matematis mempunyai nilai rata-rata μ_2=59,26. Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan media Google Classroom efektif terhadap kemampuan penalaran matematis pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 5 Air Putih. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan pembelajaran berbantu media Google Classroom memberi efektif lebih tinggi dari pada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 5 Air Putih. | en_US |