dc.contributor.author | SIMBOLON, SWITA AYU | |
dc.date.accessioned | 2022-11-18T03:10:32Z | |
dc.date.available | 2022-11-18T03:10:32Z | |
dc.date.issued | 2022-11-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7701 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di kelas VII SMP Methodist 9 Medan. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Instrumen penelitian ini observasi dan tes. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang dilaksanakan diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 91,18% dalam kategori sangat aktif, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 85% siswa memperoleh persentase penilaian hasil ≥ 65, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar siswa ≥ 65, terdapat pertambahan rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada siklus I yaitu 63,38% dan siklus II yaitu 79,41%. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segitiga di kelas VII SMP Methodist 9 Medan T.A 2021/2022. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), | en_US |
dc.subject | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP METHODIST 9 MEDAN T.A 2021/2022 | en_US |