PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN DI SMP FREE METHODIST 1 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran perbandingan di SMP Free Methodist 1 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-B SMP Free Methodist 1 Medan yang berjumlah 44 siswa. Objek penelitiannya adalah peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran perbandingan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Tingkat motivasi siswa di peroleh dari angket yang di bagikan. Hasil menunjukan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar. Peningkatan motivasi belajar dari evaluasi Siklus I dan Siklus II dengan presentase Siklus I 62%, dan pada siklus II 71%, Berdasarkan hasil tersebut dapat di simpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pembelajaran perbandingan di SMP Free Methodist 1 Medan di katakan berhasil.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]