Show simple item record

dc.contributor.authorSITUNGKIR, ESRA BETHARIA
dc.date.accessioned2022-11-04T02:39:21Z
dc.date.available2022-11-04T02:39:21Z
dc.date.issued2022-11-04
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7506
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang Pengembangan bahan ajar materi Operasi Aljabar dengan Modul pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), penelitian ini mendesain modul pembelajaran dan pemberian tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Penilaian Oleh ahli materi, ahli desain, angket tanggapan guru dan siswa dan tes kemampuan pemecahan matematis siswa. Setelah modul dibuat maka modul pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain pembelajaran hingga media pembeljaran dinyatakan layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan dengaan meminta tanggapan dari guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Selanjutnya modul pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada kelas VII di SMP Negeri 37 Medan. Dari hasil post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 82%, nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum. Dan hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukkan kategori “sangat praktis”. Ini artinya modul pembelajaran yang dibuat sudah menjawab rumusan masalah, sehingga modul pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada pembelajaran materi operasi aljabar.en_US
dc.subjectModul pembelajaran,en_US
dc.subjectKemampuan pemecahan masalah,en_US
dc.subjectOperasi aljabaren_US
dc.titlePengembangan Modul Operasi Aljabar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 37 Medanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record