dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Adhyaksa Medan pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Adhyaksa Medan yang berjumlah 33 orang. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Adhyaksa Medan. Berdasarkan analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi aritmatika sosial menunjukkan bahwa; (1) kemampuan dalam mengindentifikasi apa yang ditanya dan diketahui diperoleh (17%), (2) kemampuan dalam membuat pemisalan matematika dari masalah yang ditemui diperoleh (33%), (3) kemampuan dalam memilih dan menerapkan rumus yang sesuai untuk menyelesaikan masalah matematika diperoleh (42%), (4) kemampuan dalam menginterpretasikan hasil diperoleh (8%). Sedangkan hasil analisis berdasarkan nilai peserta didik, nilai yang dikelompokkan antara (35-59) dengan kriteria kemampuan rendah merupakan nilai yang paling banyak diperoleh peserta didik yaitu sebanyak 12 orang peserta didik atau sebesar 37%. Berpedoman pada hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP Adhyaksa Medan pada materi Aritmatika Sosial dominan pada kriteria “Rendah”. | en_US |