dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN5 Air Putih T.A. 2022/2023. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 dan kelas VII-3 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-2) dan sebagai kelas kontrol (VII-3). Instrumen yang digunakan adalah tes,observasi dan angket. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,004 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep
mempunyai nilai rata-rata µ1 = 76. Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata µ2 = 50,66. Dengan memperhatikan nilai Asymp.
Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan efektif antara model
pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman
konsep siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata- rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran Microlearning lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A.
2022/2023. | en_US |