Show simple item record

dc.contributor.authorSINAGA, DINI HARI
dc.date.accessioned2022-11-04T02:28:35Z
dc.date.available2022-11-04T02:28:35Z
dc.date.issued2022-11-04
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7504
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN5 Air Putih T.A. 2022/2023. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-2 dan kelas VII-3 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-2) dan sebagai kelas kontrol (VII-3). Instrumen yang digunakan adalah tes,observasi dan angket. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2- tailed) sebesar 0,004 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata µ1 = 76. Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata µ2 = 50,66. Dengan memperhatikan nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan efektif antara model pembelajaran Microlearning berbantu video terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata- rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran Microlearning lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran,en_US
dc.subjectMicrolearning,en_US
dc.subjectPemahaman Konsepen_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MICROLEARNING BERBANTU VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 AIR PUTIH T.A. 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record