Show simple item record

dc.contributor.authorTAMBUNAN, TETTY A.
dc.date.accessioned2022-11-04T02:19:00Z
dc.date.available2022-11-04T02:19:00Z
dc.date.issued2022-11-04
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7502
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan, penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Lintongnihuta sebanyak 28 siswa. Istrumen yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang penilai yaitu dua orang dosen Program Studi Matematika FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan dan seorag guru matematika kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada data hasil tes terdapat 3 orang yang tidak hadir, 3 orang siswa tuntas mencapai KKM, dan 25 siswa melakukan kesalahan. Kesalahan yang dilakukan subjek penelitian: (1) kesalahan memahami soal, penyebab kesalahan yaitu (a) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami bahasa soal (b) kurang teliti membaca soal (c) tidak paham menyelesaikan soal. (2) kesalahan membuat model matematika, penyebab kesalahan yaitu (a) terburu-buru dalam mengerjakan soal (b) kurang paham mengubah kalimat soal ke kalimat matematika (c) tidak paham menyelesaikan soal. (3) kesalahan melakukan proses perhitungan, (a) kurangnya pemahaman menggunakan langkah-langkah metode dalam menyelesaikan soal (b) tidak teliti dalam melakukan perhitungan (c) tidak paham menyelesaikan soal (4) kesalahan menarik kesimpulan, penyebab kesalahan yaitu (a) menganggap bahwa jawaban sampai pada hasil perhitungan (b) salah pada penyelesaian soal (c) tidak paham dalam menyelesaikan soal. Dari keempat metode dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel siswa cenderung menggunakan metode eliminasi dan metode campuran.en_US
dc.subjectIdentifikasi Kesalahan Siswa,en_US
dc.subjectSoal Cerita,en_US
dc.subjectSistem Persamaan Linear Dua Variabelen_US
dc.titleIDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINTONGNIHUTAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record