Show simple item record

dc.contributor.authorBAKARA, JULFRIEND PANANGIAN
dc.date.accessioned2022-11-03T06:18:08Z
dc.date.available2022-11-03T06:18:08Z
dc.date.issued2022-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7496
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A dan kelas VII-D yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-A) dan sebagai kelas konvensional (VII-D). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai nilai rata-rata μ_1=79,7. Pada kelas konvensional kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai nilai rata-rata μ_2=58,7. Dengan memperhatikan nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning memberi pengaruh lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2022/2023.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran,en_US
dc.subjectDiscovery Learning,en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematis.en_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 37 Medan T.A 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record