EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LAGUBOTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII di SMP Negeri 1 Laguboti. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Laguboti yang terdiri dari 7 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-D dan kelas VII-G yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun dikarenakan situasi Covid-19 dari setiap kelas hanya 15 orang siswa yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-D) dan sebagai kelas kontrol (VII-G). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemahaman konsep mempunyai nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan pemahaman konsep nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat disimpulkan Efektif antara pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Bentuk Alajabar Kelas VII SMP Negeri 1 Laguboti.
Collections
- Pendidikan Matematika [641]