PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN PAPAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 13 PEMATANGSIANTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) melalui pembuatan papan pecahan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada pembelajaran bilangan pecahan kelas VII SMP Negeri 13 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Pematangsiantar yang terdiri dari 3 kelas. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-1) dan sebagai kelas kontrol (VII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kreatif menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu 2,304772 > 1,69726 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kreatif mempunyai nilai rata-rata μ_1=67,36. Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kreatif mempunyai nilai rata-rata μ_2=64,33. Dengan memperhatikan nilai t hitung yang diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang tidak terlalu signifikan antara pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Negeri 13 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan pembelajaran Project Based Learning memberi pengaruh yang baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi Bilangan Pecahan Kelas VII SMP Negeri 13 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]