Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBAN TORUAN, SISCHA MONIKA
dc.date.accessioned2022-11-03T05:12:16Z
dc.date.available2022-11-03T05:12:16Z
dc.date.issued2022-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7484
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi himpunan di kelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Gajah Mada Medan, berjumlah 28 siswa dengan sampel yang terdiri dari 28 siswa yaitu seluruh populasi kelas VII SMP Gajah Mada Medan yang terdiri dari 2 kelas, dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta lembar observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemahaman konsep: Y ̂=48,9255+0,428X. Pada persamaan regresi kemampuan pemahaman konsep tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya setiap kenaikan x akan diikuti oleh kenaikan Y sebesar 0,428 Satuan . Dari hasil perhitungan koefesien korelasi (dalam lampiran 21) diperoleh F_hitung=0,41038 dengan nilai F_Tabel=0,3903. Sedangkan pada koefisien determinasi ini diperoleh hasil perhitungan yakni diperoleh hasil yaitu r^2 = 58,98% yang artinya keberhasilan siswa dipengarhi oleh model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan residunya sebesar 41% . Berdasarkan hasil koefisien korelasi dan koefisien determinasi,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan Pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Gajah Mada Medan.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share,en_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsep Matematisen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Dikelas VII SMP Gajah Mada Medan T.A 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record