dc.contributor.author | SIALLAGAN, CRISTIN REBECCA | |
dc.date.accessioned | 2022-11-03T04:48:46Z | |
dc.date.available | 2022-11-03T04:48:46Z | |
dc.date.issued | 2022-11-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7480 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Swasta Nasrani 5 Medan T.A. 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah Post-test Only Control Design. Adapun Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Nasrani 5 Medan. Dengan menggunakan teknik total sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VII-B) dan sebagai kelas kontrol (VII-A). Dan terdapat uji coba instrument dikelas, instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta respon lembar observasi peserta didik. Setelah dilakukan penelitian dan diuji dengan menggunakan uji-t dimana terdapat pada uji hipotesis perbedaan rata-rata diperoleh = 8,680 sedangkan = 2,060. Karena > (8,680 > 2,060) sehingga ditolak atau diterima. Ini berarti harga adalah signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam materi operasi hitung bentuk aljabar di kelas VII SMP Swasta Nasrani 5 Medan T.A 2022/2023. | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Kritis, | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP SWASTA NASRANI 5 MEDAN T.A. 2022/2023 | en_US |