• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMP GAJAH MADA MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    PESTA R. MANALU.pdf (303.2Kb)
    Date
    2022-11-03
    Author
    MANALU, PESTA R.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan matematika realistik pada materi segitiga yang valid, praktis dan efektif. Penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) ini menggunakan model Borg and Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiono yang terdiri dari 10 langkah, tetapi karena keterbatasan peneliti dan ranah tujuan penelitian ini hanya sampai kepada uji kelayakan produk maka peneliti hanya menggunakan 7 langkah yang terdiri dari: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengunpulkan Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk dan 7) Revisi Produk. Instrumen penilaian produk yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: lembar validasi, lembar kepraktisan dan lembar keefektifan. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh LKPD yang valid, praktis, dan efektif. (1) Valid, LKPD dinyatakan valid dilihat dari hasil validasi dari para ahli yang menyatakan bahwa nilai rata-rata aspek LKPD adalah 92.48% dengan kriteria “Sangat Valid” (2) Praktis, berdasarkan hasil uji coba mendapat nilai kepraktisan yaitu 90,40% dengan kriteria “Sangat Praktis”. (3) Efektif, hasil uji keefektifan yang dilakukan saat uji coba terdapat 25 peserta didik yang tuntas dan 5 peserta didik yang tidak tuntas dalam mengerjakan soal. Jika dibuat dalam persentase ketuntasan maka didapatkan hasilnya yaitu 82,14% dengan kriteria “Sangat Efektif”. Data-data tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berupa LKPD ini layak digunakan di sekolah.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7477
    Collections
    • Pendidikan Matematika [685]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback