Show simple item record

dc.contributor.authorBr. MANURUNG, ITA MARIANI
dc.date.accessioned2022-10-27T04:21:24Z
dc.date.available2022-10-27T04:21:24Z
dc.date.issued2022-10-27
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7303
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMA Yapim Taruna Merek Semester Ganjil T.A 2022/2023. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Yapim Taruna Merek dengan sampel 30 orang yaitu X IPA1 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta respon Lembar observasi peserta didik. Dari hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi Y ̂=9,646+0,799X. Dari uji kelinearan regresi diperoleh bahwa terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sedangkan pada uji keberartian persamaan regresi diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang berarti antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Koefisien korelasi r = 0,810 artinya , terdapat hubungan yang sangat kuat dan berarti antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Sedangkan koefisien determinasi r^2=65,61% artinya tinggi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik 65,61% dipengaruhi oleh faktor model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang digunakan sedangkan sisanya yaitu 34,39% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL),en_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalah Matematis.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMA YAPIM TARUNA MEREK SEMESTER GANJIL T.A 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record