UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ROLE REVERSAL QUESTION PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS IX SMP NEGERI 1 SIPAHUTAR T.P. 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran aktif tipe role reversal question pada materi
persamaan kuadrat di kelas IX SMP Negeri 1 Sipahutar T.P. 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrumen tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sipahutar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran aktif tipe role reversal question dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Negeri 1 Sipahutar. Berdasarkaan analisis data kemampuan komunikasi matematis peserta didik setiap siklusnya diperoleh rata-rata persentase peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik secara indiviual sebesar 10,44%. Sedangkan rata-rata persentase peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik secara klasikal sebesar 26,57%. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori aktivitas aktif. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori aktivitas sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Role Reversal Question dapat meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis peserta didik pada materi Persamaan Kuadrat di kelas IX SMP Negeri 1 Sipahutar T.P. 2022/2023.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]