dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dada Materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 1 Sipahutar. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII VIII SMP negeri 1 Sipahutar, dengan sampel yang terdiri dari 22 orang yaitu siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah dilakukan uji validitasi instrument serta observasi siswa. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan komunikasi matematis: Y ̂=59,04+0.33X . Pada persamaan regresi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya kedua variabel mempunyai hubungan linear yang positif. Untuk uji keberartian regresi kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh F_hitung=272,24 dengan nilai F_Tabel=4,35, dengan demikian 272,24>4,35 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat variabel x mempunyai pengaruh yang kuat dan berarti terhadap variabel Y.
Koefisisen korelasi r = 0,346 artinya ada hubungan cukup signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r2 =11,79% yang artinya keberhasilan siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sedangkan residunya sebesar 88,21% dijelaskan oleh variabel yang diteliti. Dari hasil diatas dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. | en_US |