dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan pemahaman konsep dan mendeskripsikan kesulitan pemahaman konsep yang dialami oleh peserta didik pada materi aritmatika sosial di kelas VIII SMP Negeri 3 Tarutung. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A di SMP Negeri 3 Tarutung sebanyak
32 orang yang mewakili kemampuan kognitif seluruh peserta didik di kelas VIII. Berdasarkan olahan data tersebut, subjek dengan pemahaman konsep tinggi kesulitan saat menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, subjek kurang teliti pada saat melakukan operasi hitung. Subjek dengan pemahaman konsep sedang kesulitan dalam mengaplikasikan algoritma pemecahan masalah yang tepat saat menyelesaikan soal dan menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, subjek kesulitan menyelesaikan soal secara sistematis. Subjek dengan tingkat pemahaman konsep rendah kesulitan mengaplikasikan algoritma pemecahan masalah matematika yang tepat saat mengerjakan soal berbentuk pecahan biasa dan persen serta kesulitan dalam menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, karena terfokus pada contoh yang sudah pernah dipelajarinya saja. Berdasarkan hasil olahan data menunjukkan bahwa tingkat kesulitan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Tarutung dalam pemahaman konsep matematika pada materi aritmatika sosial memiliki kriteria tingkat rendah. Dari hasil olahan data yang diperkuat dengan hasil wawancara, kesulitan pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi aritmatika sosial dikelas VIII SMP Negeri 3 Tarutung paling banyak mengalami kesulitan pemahaman konsep pada indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, yakni sebanyak 42%. | en_US |