dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan koneksi matematika pada sistem persamaan linear dua variabel Kelas X SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang dimana terdiri dari dua kelas serta sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak satu kelas dari dua kelas X IPA yang ada di SMA Negeri 1 Pahae Julu pada T.A 2022/2023. Dari hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi
Y^ = 49, 214 + 2, 467 X. Pada persamaan regresi kemampuan koneksi matematika tersebut diperoleh nilai b bertanda positif, artinya setiap kenaikan x
akan diikuti oleh kenaikan Y. Dari uji kelinearan regresi diperoleh FHitung sebesar
= −0,0822 dengan nilai FTabel = 2,25 yang artinya terdapat hubungan yang linear antara model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan koneksi matematika dan dari uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 4,70 dengan nilai FTabel = 2,57 yang artinya ada pengaruh yang kuat dan berarti antara model inkuiri terhadap kemampuan koneksi matematika. Koefisien korelasi r rhitung = 0,848 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan koneksi matematika siswa kenaikan Y, dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung > ttabel atau 7,911 > 1,69 yang artinya ada hubungan yang kuat dan berarti antara model pembelajaran inkuiri
terhadap kemampuan koneksi matematika. Koefisien determinasi diperoleh hasil yaitu r2 = 12,14%. yang artinya Kemampuan Koneksi matematika siswa 12,14% diperoleh oleh model pembelajaran Inkuiri sedangkan sisanya yaitu 87,86% diperoleh oleh faktor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan koneksi matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas X IPA SMA Negeri 1 Pahae Julu T.A 2022/2023. | en_US |