• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    MARTINA SUSY YANTI GULTOM.pdf (326.0Kb)
    Date
    2022-10-26
    Author
    GULTOM, MARTINA SUSY YANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi barisan aritmatika kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) dan sebagai kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan bahwa nilai t_hitung<t_tabel yaitu 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai nilai rata-rata μ=84,68. Pada kelas kontrol kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai nilai rata-rata μ=77,35. Dengan memperhatikan nilai t hitung yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat efektivitas yang signifikan antara pembelajaran (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi barisan aritmatika kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi barisan aritmatika Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7292
    Collections
    • Pendidikan Matematika [674]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback