EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi barisan aritmatika kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A dan kelas VIII-B yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-A) dan sebagai kelas kontrol (VIII-B). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan bahwa nilai t_hitung<t_tabel yaitu 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai nilai rata-rata μ=84,68. Pada kelas kontrol kemampuan pemecahan masalah matematis mempunyai nilai rata-rata μ=77,35. Dengan memperhatikan nilai t hitung yang diperoleh maka dapat disimpulkan terdapat efektivitas yang signifikan antara pembelajaran (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi barisan aritmatika kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat disimpulkan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi barisan aritmatika Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]