• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN PRISMA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TANAH JAWA

    No Thumbnail [100%x160]
    View/Open
    VICTORIA B.A HUTAPEA.pdf (370.2Kb)
    Date
    2022-10-26
    Author
    HUTAPEA, VICTORIA B.A
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pembelajaran matematika masih bersifat pasif. Kepasifan dalam pembelajaran ini dikarenakan masih banyak siswa yang tidak berminat dalam mengikuti pembelajaran. Di lain pihak, perkembangan kurikulum yang ada menuntut pembelajaran berpusat kepada siswa. Siswa tidak lagi menjadi objek pembelajaran, namun juga sebagai subjek karena ikut mengembangkan pembelajaran baik dari proses, materi, dan evaluasi atau penilaian. Dengan demikian diharapkan siswa dapat memberikan dan menerima umpan balik dengan mudah, sehingga dapat tercipta komunikasi yang baik sebagai upaya untuk membantu siswa belajar dan mengatasi kesulitan belajarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, alternatif yang tepat adalah pembelajaran matematika model TGT untuk kelas VIII. Tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan hasil pengembangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Developmoent). Proses pengembangan berorientasi pada model ADDIE. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik validasi, lembar respon guru dan siswa serta posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-I dan VIII-II SMP Negeri 1 Tanah Jawa yang berjumlah 32 orang perkelas. Berdasarkan hasil validasi ahli, modul pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan nilai 3,1 dan 93,3% untuk lembar respon guru dan untuk lembar respon siswa 83,06% di kelas VIII-I dan 81,35% di kelas VIII-II, memenuhui kriteria praktis, memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil mencapai ketuntasan klasikal dengan presentase 96,8% untuk kelas VIII-I dan 84,3% untuk kelas VIII-II.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7291
    Collections
    • Pendidikan Matematika [685]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    NoThumbnail