PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII DI SMP NEGERI 40 MEDAN T. A. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan besar pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi perbandingan Kelas VII di SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian, yaitu seluruh siswa Kelas VII di SMP Negeri 40 Medan. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian kelas VII-D yang terdiri dari 32 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah soal Post-Test dengan bentuk soal essay yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi siswa mengenai pendekatan Realistic Mathematics Education. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y ̂=11,9181 + 0,8457X. Nilai b dalam persamaan regresi tersebut adalah positif yang artinya jika pendekatan Realistic Mathematics Education meningkat, maka kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik juga meningkat. Perhitungan dengan uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung ≤ Ftabel atau 0,79 ≤ 2,37, maka terdapat hubungan yang linier pada pendekatan Realistic Mathematics Education dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dan melalui uji keberartian regresi diperoleh Fhitung ≥ Ftabel atau 95,12 ≥ 4,17, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan Realistic Mathematics Education dengan pada materi perbandingan Kelas VII di SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022. Dengan perhitungan koefisien determinasi diperoleh besar pengaruhnya adalah 76%. Dengan demikian pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]