PERBEDAAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan post-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 2 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-3 dan kelas VII-4 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, maka hanya 12 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen I adalah 64,916 dengan standar deviasi 13,892 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen II adalah 73,5 dengan standar deviasi 8,867. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji analisis varians data post-test diperoleh F_hitung = 2,45 dan F_tabel=2,82. Ternyata F_hitung< F_tabel sehingga H_0 diterima maka dilanjut ke uji hipotesis. Uji Hipotesis dengan α = 0,05 diperoleh t_hitung=1,84 dan〖 t〗_tabel=1,782 dimana t_hitung> t_tabel (1,84 > 1,782). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data maka diberi kesimpulan yaitu ada Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]