PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-B yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan post-test kemampuan pemahaman konsep matematika. Dari analisis data diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemahaman konsep yaitu Y ̂ = -38,0707 + 1,3016X. Untuk uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung = 0,40, sehingga diperoleh Fhitung < Ftabel atau 0,40 < 2,79. Ini berarti terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Selanjutnya uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 41,74, sehingga diperoleh Fhitung > Ftabel atau 41,74 > 4,32. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kemudian untuk koefisien determinasi diperoleh r2 = 66,5%, ini berarti besarnya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa adalah 66,5%.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]