• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Matematika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP SWASTA IMELDA MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    NILA FATMA ARUAN.pdf (362.1Kb)
    Date
    2022-10-26
    Author
    ARUAN, NILA FATMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Imelda Medan yang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-B yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan post-test kemampuan pemahaman konsep matematika. Dari analisis data diperoleh persamaan regresi untuk kemampuan pemahaman konsep yaitu Y ̂ = -38,0707 + 1,3016X. Untuk uji kelinearan regresi diperoleh Fhitung = 0,40, sehingga diperoleh Fhitung < Ftabel atau 0,40 < 2,79. Ini berarti terdapat hubungan yang linier antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Selanjutnya uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 41,74, sehingga diperoleh Fhitung > Ftabel atau 41,74 > 4,32. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kemudian untuk koefisien determinasi diperoleh r2 = 66,5%, ini berarti besarnya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika siswa adalah 66,5%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7287
    Collections
    • Pendidikan Matematika [687]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback