PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BESITANG
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan pengambilan sampel secara simple random sampling dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen (VIII-1) dan kelas kontrol (VIII-3). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan pemecahan masalah memiliki nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan pemecahan masalahnya memiliki nilai rata-rata . Berdasarkan hasil hitungan pada kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Nilai ini akan dibandingkan dengan nilai (sig.) lalu ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antar kelas dapat disimpulkan model pembelajaran problem posing memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemapuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 1 Besitang.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]