Pengaruh Model Project Based Learning Berbantu Media Belajar Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Statistika Kelas XII SMK Swasta Jambi Medan Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model project based learning berbantu media belajar terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas XII SMK Swasta Jambi Medan T.P
2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII yang terdiri 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang dipilih secara Cluster Random Sampling yang terdiri dari 40 orang peserta didik.
Hasil penelitian yang diperoleh persamaan regresi dari hasil penelitian
pada keterampilan pemecahan masalah matematika ini adalah ̂ =
. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,326 berarti terdapat
hubungan yang kuat antara model project based learning berbantu media belajar
terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Dari uji keberartian koefisien korelasi diperoleh hubungan yang kuat antara model project based learning berbantu media belajar terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika. Dan untuk koefisien determinasinya diperoleh atau ini berarti ada pengaruh model project based learning berbantu media
belajar terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika sebesar 53,83%
selebihnya dipengaruhi oleh pengaruh lain. Sehingga ada pengaruh model project based learning berbantu media belajar, sehingga model ini dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika peserta didik.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]