Show simple item record

dc.contributor.authorSITEPU, EDY PETRA KRISTIAN
dc.date.accessioned2022-08-09T05:01:47Z
dc.date.available2022-08-09T05:01:47Z
dc.date.issued2022-08-09
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7151
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran visual thinking terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala T. A. 2021/2022. Adapun Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala, dengan sampel yang terdiri dari 36 orang, yaitu siswa kelas VIII sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk uraian yang telah dilakukan uji validasi instrumen serta lembar observasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari hasil perhitungan data observasi diperoleh harga Lhitung 0,154 untuk n = 36 dan taraf signifikan 0,05, maka harga Ltabel sebesar 0,148. Hasil perbandingannya Lhitung > Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho tidak diterima. Hal ini menunjukkan bahwa data observasi berasal dari populasi yang berdistribusi tidak normal. Dari hasil perhitungan uji normalitas data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh harga Lhitung 0,128 dengan untuk n = 36 dan taraf signifikan 0,05, maka harga Ltabel sebesar 0,148. Hasil perbandingannya Lhitung < Ltabel, dengan demikian disimpulkan Ho diterima. Hal ini menunjukkan bahwa data Post-Test berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi pangkat sehingga di dapat dan dengan menggunakan tabel kritis korelasi Spearman untuk dan taraf signifikan 0,05, sehingga diperoleh rtabel sebesar 0,279. Oleh karena |rhitung| < rtabel atau 0,167 < 0,279, maka disimpulkan tidak ada hubungan antara strategi pembelajaran visual thinking dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan uji tersebut, disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh strategi pembelajaran visual thinking terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Swasta Methodist Kuala T. A. 2021/2022en_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Visual Thinking,en_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematis Siswa,en_US
dc.subjectSistem Persamaan Linier Dua Variabelen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN VISUAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST KUALA T. A. 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record