PERBEDAAN PENDEKATAN ETNOPEDAGOGI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SDN 10 SIGAOL SIMBOLON KECAMATAN PALIPI KABUPATEN SAMOSIR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan etnopedagogi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 10 sigaol Simbolon kecamatan palipi kabupaten samosir yang berjumlah 54 orang. Kelas V/a sebanyak 27 siswa dan V/b sebanyak 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner kecerdasan interpersenal dan instrumen tes hasil belajar PPKn. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan etnopedagogi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional (Fhitung = 21,164 dan nilai sig. 0,000 > 0,05.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]