PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KODYA (KOMIK DIGITAL KEBERAGAMAN BUDAYA) TEMA 6 SUBTEMA 1 PADA MASA COVID-19 DI KELAS IV SDN 100310 PARGUMBANGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran KODYA (Komik Digital Keberagaman Budaya); mengetahui kepraktisan media pembelajaran KODYA (Komik Digital Keberagaman Budaya); dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran KODYA (Komik Digital Keberagaman Budaya). Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Tahap pertama yaitu pendefinisian (define) dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan. Tahap kedua yaitu perancangan (design) dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Tahap ketiga yaitu pengembangan (development) dilakukan penilaian kelayakan media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan praktisi pendidikan, selanjutnya dilakukan uji pengembangan. Tahap keempat yaitu penyebaran (dissaminate) dilakukan uji validasi dan penyebaran. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini setelah melakukan validasi dan uji coba mendapat kategori “Sangat Layak” dengan rincian Validator Ahli Media diperoleh skor sebesar 92% yang dikategorikan ”Sangat Layak”, dari Validator Ahli Materi diperoleh skor sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan media pembelajaran dinilai oleh guru atau praktisi pendidikan diperoleh skor sebesar 92% dengan kategori ”Sangat Praktis” untuk digunakan sebagai media pembelajaran begitu juga dari respon siswa yang mengatakan bahwa media pembelajaran tersebut sangat mudah digunakan dan menyenangkan. Kemudian hasil pretest dan posttest diperoleh keefektifan penggunaan media KODYA melalui peningkatan hasil belajar siswa dari 30% menjadi 90%.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]