• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KODYA (KOMIK DIGITAL KEBERAGAMAN BUDAYA) TEMA 6 SUBTEMA 1 PADA MASA COVID-19 DI KELAS IV SDN 100310 PARGUMBANGAN

    No Thumbnail [100%x160]
    View/Open
    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KODYA (KOMIK DIGITAL KEBERAGAMAN BUDAYA) TEMA 6 SUBTEMA 1 PADA MASA COVID-19 .pdf (336.3Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Syarah, May
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran KODYA (Komik Digital Keberagaman Budaya); mengetahui kepraktisan media pembelajaran KODYA (Komik Digital Keberagaman Budaya); dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran KODYA (Komik Digital Keberagaman Budaya). Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu define, design, development, dan disseminate. Tahap pertama yaitu pendefinisian (define) dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep dan spesifikasi tujuan. Tahap kedua yaitu perancangan (design) dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Tahap ketiga yaitu pengembangan (development) dilakukan penilaian kelayakan media pembelajaran yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan praktisi pendidikan, selanjutnya dilakukan uji pengembangan. Tahap keempat yaitu penyebaran (dissaminate) dilakukan uji validasi dan penyebaran. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini setelah melakukan validasi dan uji coba mendapat kategori “Sangat Layak” dengan rincian Validator Ahli Media diperoleh skor sebesar 92% yang dikategorikan ”Sangat Layak”, dari Validator Ahli Materi diperoleh skor sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Kepraktisan media pembelajaran dinilai oleh guru atau praktisi pendidikan diperoleh skor sebesar 92% dengan kategori ”Sangat Praktis” untuk digunakan sebagai media pembelajaran begitu juga dari respon siswa yang mengatakan bahwa media pembelajaran tersebut sangat mudah digunakan dan menyenangkan. Kemudian hasil pretest dan posttest diperoleh keefektifan penggunaan media KODYA melalui peningkatan hasil belajar siswa dari 30% menjadi 90%.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7074
    Collections
    • Ilmu Pendidikan [46]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    NoThumbnail