PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Negara yang maju memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia yang baik dipersiapkan melalui pendidikan. Pendidikan menjadi pendukung untuk setiap aktivitas manusia, dimana prestasi belajar siswa tetap menjadi prioritas bagi proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian systematic review dengan tujuan untuk mengetahui peran gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Pencarian artikel jurnal dilakukan melalui database elektronik Google Scholar. Pencarian awal ditemukan 110 artikel jurnal, setelah ditelaah dengan melakukan inklusi didapatkan 5 artikel jurnal untuk ditelaah secara sistematis. Hasil systematic review menemukan bahwa bahwa gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa walaupun tidak secara signifikan karena tidak ada hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar auditori dengan pemahaman mendengarkan dan tidak ada hubungan positif yang signifikan antara gaya belajar visual dengan pemahaman bacaan. Secara keseluruhan, gaya belajar auditori atau visual maupun kinestetik siswa tidak terlalu berpengaruh terhadap prestasi siswa.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]