Studi Literatur: PENGARUH PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Pendekatan pembelajaran adalah gagasan, ide, atau instruksional dalam pelaksanaan kegiatan belajar. Tujuan pendekatan pembelajaran sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa. Dengan pendekatan pembelajaran dapat megoptimalkan dan efektif meningkatkan hasil belajar. Sehingga penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka secara sistematis (Systematic Literature Review). Tujuan penelitian untuk untuk mereviu jurnal atau artikel dengan mengidentifikasi secara sistematis. Jurnal artikel yang terbit Nasional dan Internasional, dengan jumlah 15 jurnal yang berkaitan dengan pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar. Jurnal yang direviu publish 10 tahun berjalan. Jurnal di peroleh dari google cendikia dan sagepub. Hasil menunjukkan pendekatan experiential learning dipandang memiliki kompleksitas dan lebih efektif terletak pada langkah-langkah pembelajaran merangkum beberapa pendekatan pembelajaran berdasarkan pengalaman konkret, memecahkan permasalahan secara mandiri dan kelompok, melakukan diskusi serta presentasi dan mengaplikasikan pengetahuan terhadap situasi yang sedang dialami. Selain itu experiential learning dipandang sesuai dengan perkembangan zaman seperti era digital saat ini.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]