Show simple item record

dc.contributor.authorRoselyn, Angel
dc.contributor.authorAnggraini, Dewi
dc.contributor.authorCiamas, Elserra Siemin
dc.contributor.authorSulaiman, Fahmi
dc.contributor.authorSupriyanto, Supriyanto
dc.date.accessioned2022-07-26T08:43:42Z
dc.date.available2022-07-26T08:43:42Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7043
dc.descriptionCustomer Relationship Management is a type of management that specifically discusses the theory of handling the relationship between a company and it’s customers with the aim of increasing the value of the company in the eyes of it’s customers. Major advances in technology are helping in most areas of the market better, improving communication with customers, and providing an information-rich environment that can contribute to improving efficient strategies for dealing with customers. The industry that continues to grow has an impact on companies that experience changes in the orientation of their marketing patterns, which were initially product-oriented, now they are customer-oriented. This makes CRM widely applied by companies. The purpose of this study was to identify and understand the appropriate Customer Relationship Management strategy to be applied by PT. Permata Niaga in maintaining relationships with customers and business continuity. The research method used is a qualitative method with data collection carried out through semi-structured interviews. The sample of this research is wholesale/retail shops as consumers at PT. Permata Niaga, who always buys products and makes repeat purchases for the last 5 years because they are considered to know well how the situation is and can assess the way PT. Permata Niaga in establishing and building communication with customers. Sampling was done by using the purposive sampling technique. The results showed that PT. Permata Niaga needs to form a department that can specifically handle complaints/suggestions and communicate with customers well to increase customer satisfaction so that they can make repeat purchases and become loyal customers.en_US
dc.description.abstractCustomer Relationship Management adalah suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata pelanggannya. Kemajuan besar dalam bidang teknologi membantu dalam sebagian besar wilayah pasar dengan lebih baik, meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, dan menyediakan lingkungan yang kaya dengan informasi sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan strategi yang efisien untuk berurusan dengan pelanggan. Industri yang terus berkembang berimbas pada perusahaan yang mengalami perubahan orientasi pola pemasaran yang pada awalnya mereka berorientasi pada produk kini pada pelanggan. Hal ini membuat CRM banyak diterapkan oleh perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami strategi Customer Relationship Management yang tepat untuk diterapkan oleh PT. Permata Niaga dalam mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan kelangsungan usahanya. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semiterstruktur. Sampel penelitian ini adalah toko – toko grosir / ecer yang selaku konsumen di PT. Permata Niaga yang selalu membeli produk dan melakukan pembelian ulang selama 5 tahun terakhir karena dianggap telah mengenal dengan baik bagaimana situasi dan dapat menilai cara PT. Permata Niaga dalam menjalin dan membangun komunikasinya dengan pelanggan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pelitian menunjukkan bahwa PT. Permata Niaga perlu membentuk sebuah departmen yang dapat secara khusus menangani keluhan / saran dan berkomunikasi dengan pelanggan secara baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga dapat melakukan pembelian ulang dan menjadi pelanggan loyal.en_US
dc.publisherSeminar Nasional 2022 - NBM Artsen_US
dc.subjectStrategi CRMen_US
dc.subjecthubungan komunikasien_US
dc.subjectCRMen_US
dc.titleSTRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) PT. PERMATA NIAGA KIM1en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record