PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA DI PEKANBARU ( STUDI KASUS PT. CAPELLA DINAMIK NUSANTARA )
Date
2022-07-29Author
Lisa, Lisa
Lawrence, Richard
Ciamas, Elserra Siemin
Arif, Anggia
Hutabarat, Fauzi A.M.
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan dan calon pelanggan sepeda motor Honda di PT. Capella Dinamik Nusantara. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian Asosiatif dengan pendekatan analisis Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling dengan pendekatan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa kuesioner yang di bagikan dalam bentuk google form dan disebar kepada 60 responden yang merupakan konsumen dan calon konsumen sepeda motor Honda di Pekanbaru. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana, dan uji Z. Untuk mengolah data, penulis menggunakan program statistic SPSS versi 28. Dari pengolahan data kedua variabel memiliki kevalidan data dimana nilai corrected item kedua variabel > 0,3 dan uji reliabilitas memenuhi syarat Cronbach Alpha > 0,6. Nilai korelasi kedua variabel adalah 0,814 yang artinya keeratan hubungan antar variabel tinggi. Hasil uji koefisen determinasi atau r2 nya adalah 0,662 dan bernilai positif yang berarti besarnya pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian adalah 66,2% dan 33,8% sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji regresi linear sederhana Y =7,336 + 0,680X dan bernilai positif sehingga dapat dikatakan arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif Hasil perhitungan di atas menunjukan bahwa nilai Zhitung sebesar 6,19454 lebih besar daripada Ztabel 1,96 (6,19454>1,96). Ini menunjukkan bahwa Ha diterima yang berarti kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian