ARANSEMEN TEMBANG DOLANAN ANAK JAWA TENGAH SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN PIANO (STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN PIANO TINGKAT DASAR)
Date
2022-07-29Author
Nainggolan, Oriana Tio Parahita
Suneko, Anon
Neviyanti, Regita Putri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengaransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah sebagai upaya meningkatan minat dalam bermain piano, terutama untuk pembelajaran tingkat dasar. Aransemen adalah cara mengadaptasi karya musik dengan menggunakan media yang berbeda. Media tersebut dapat berupa gaya musik atau penggunaan instrumen musik. Aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah pada penelitian ini adalah sebuah cara dalam mengadaptasi karya musik dengan menggunakan instrumen piano. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat peserta didik untuk dapat memainkan piano dengan menggunakan materi dari folksong Indonesia. Penelitian ini dilakukan mengimbangi materi pembelajaran piano tingkat dasar yang sebagian besar merupakan folksong negara lain. Metode aransemen yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penciptaan seni dari Alma Hawkins yang terdiri dari tiga langkah yaitu eksplorasi, improvisasi, dan forming. Penelitian ini merupakan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang murid piano tingkat dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah dapat digunakan sebagai materi pembelajaran piano tingkat dasar. Aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah yang digunakan untuk materi pembelajaran piano tingkat dasar dirancang sesuai dengan kebutuhan pengajaran dengan memperhatikan elemen-elemen pembelajaran piano tingkat dasar. Selain itu, penggunaan aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah dilakukan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, terutama folksong Indonesia. Harapannya dengan mengenalkan folksong Indonesia, anak akan memahami kebudayaan lokal Indonesia dan dapat melestarikannya.
Collections
- Ilmu Seni [13]