• Login
    View Item 
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Seni
    • View Item
    •   Home
    • Prosiding
    • Seminar Nasinal 2022 - NBM Arts
    • Ilmu Seni
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ARANSEMEN TEMBANG DOLANAN ANAK JAWA TENGAH SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN PIANO (STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN PIANO TINGKAT DASAR)

    Thumbnail
    View/Open
    ARANSEMEN TEMBANG DOLANAN ANAK JAWA TENGAH SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN PIANO (STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN PIANO TINGKAT DASAR).pdf (468.8Kb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    Nainggolan, Oriana Tio Parahita
    Suneko, Anon
    Neviyanti, Regita Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengaransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah sebagai upaya meningkatan minat dalam bermain piano, terutama untuk pembelajaran tingkat dasar. Aransemen adalah cara mengadaptasi karya musik dengan menggunakan media yang berbeda. Media tersebut dapat berupa gaya musik atau penggunaan instrumen musik. Aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah pada penelitian ini adalah sebuah cara dalam mengadaptasi karya musik dengan menggunakan instrumen piano. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat peserta didik untuk dapat memainkan piano dengan menggunakan materi dari folksong Indonesia. Penelitian ini dilakukan mengimbangi materi pembelajaran piano tingkat dasar yang sebagian besar merupakan folksong negara lain. Metode aransemen yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penciptaan seni dari Alma Hawkins yang terdiri dari tiga langkah yaitu eksplorasi, improvisasi, dan forming. Penelitian ini merupakan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang murid piano tingkat dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah dapat digunakan sebagai materi pembelajaran piano tingkat dasar. Aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah yang digunakan untuk materi pembelajaran piano tingkat dasar dirancang sesuai dengan kebutuhan pengajaran dengan memperhatikan elemen-elemen pembelajaran piano tingkat dasar. Selain itu, penggunaan aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah dilakukan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, terutama folksong Indonesia. Harapannya dengan mengenalkan folksong Indonesia, anak akan memahami kebudayaan lokal Indonesia dan dapat melestarikannya.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7032
    Collections
    • Ilmu Seni [13]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback