Show simple item record

dc.contributor.authorNainggolan, Oriana Tio Parahita
dc.contributor.authorSuneko, Anon
dc.contributor.authorNeviyanti, Regita Putri
dc.date.accessioned2022-07-25T17:00:35Z
dc.date.available2022-07-25T17:00:35Z
dc.date.issued2022-07-29
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7032
dc.descriptionThis study aims to arrange Central Java tembang dolanan anak as the effort to increase interest in playing piano, especially for piano beginner level. The arrangement is a way of adapting a piece of music using different medium. It could be in the form of musical styles or other musical instruments. In this study, the arrangement of tembang dolanan anak of Central Java is a way of adapting musical works using a piano. It helps the students increase their interest in playing piano by using Indonesian folksong. This research was conducted in equity the piano beginner materials, mostly folksong from other countries. The arrangement method used in this study is the method of creating art by Alma Hawkins which consists of three steps: exploration, improvisation, and form. This is a case study research. Data collection was carried out by observation, interview, and documentation. The subjects were two beginner piano students. The results show that the arrangement of tembang dolanan anak Central Java can be used as material for beginner-level piano learning. It was designed with beginner-level piano learning elements, besides that, the use of the arrangement of tembang dolanan anak Central Java was advocated in Indonesian culture, especially Indonesian folksong. The hope is that by introducing Indonesian folksong, children will understand the local culture of Indonesia and be able to preserve it.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengaransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah sebagai upaya meningkatan minat dalam bermain piano, terutama untuk pembelajaran tingkat dasar. Aransemen adalah cara mengadaptasi karya musik dengan menggunakan media yang berbeda. Media tersebut dapat berupa gaya musik atau penggunaan instrumen musik. Aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah pada penelitian ini adalah sebuah cara dalam mengadaptasi karya musik dengan menggunakan instrumen piano. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat peserta didik untuk dapat memainkan piano dengan menggunakan materi dari folksong Indonesia. Penelitian ini dilakukan mengimbangi materi pembelajaran piano tingkat dasar yang sebagian besar merupakan folksong negara lain. Metode aransemen yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penciptaan seni dari Alma Hawkins yang terdiri dari tiga langkah yaitu eksplorasi, improvisasi, dan forming. Penelitian ini merupakan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah dua orang murid piano tingkat dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah dapat digunakan sebagai materi pembelajaran piano tingkat dasar. Aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah yang digunakan untuk materi pembelajaran piano tingkat dasar dirancang sesuai dengan kebutuhan pengajaran dengan memperhatikan elemen-elemen pembelajaran piano tingkat dasar. Selain itu, penggunaan aransemen tembang dolanan anak Jawa Tengah dilakukan untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia, terutama folksong Indonesia. Harapannya dengan mengenalkan folksong Indonesia, anak akan memahami kebudayaan lokal Indonesia dan dapat melestarikannya.en_US
dc.publisherSeminar Nasional 2022 - NBM Artsen_US
dc.subjectpianoen_US
dc.subjecttembangen_US
dc.subjectdolananen_US
dc.subjectJawa Tengahen_US
dc.subjectaransemenen_US
dc.titleARANSEMEN TEMBANG DOLANAN ANAK JAWA TENGAH SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN PIANO (STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN PIANO TINGKAT DASAR)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record