Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di PT. Giant Transporter Cabang Medan
Date
2022-07-29Author
Andriana, Andriana
Wilinny, Wilinny
Sutarno, Sutarno
Cindy, Cindy
Sulaiman, Fahmi
Metadata
Show full item recordAbstract
Kualitas pelayanan merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan dalam proses penjualan. Kualitas pelayanan juga merupakan sebuah keunggulan suatu jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Sedangkan keputusan pembelian adalah sikap konsumen dalam menentukan satu dari beberapa pilihan alternatif. Jasa yang berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. PT. Giant Transporter Indonesia Cabang Medan mempunyai 300 pelanggan aktif. Rumusan masalah pada penelitian ini, “Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di PT. Giant Transporter Indonesia, cabang Medan?”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di PT. Giant Transporter Indonesia, cabang Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Jumlah responden / sampel sebanyak 60 pelanggan dari populasi sebanyak 300 pelanggan dengan teknik pengambilan sampel adalah sampling insidental. Besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dapat dilihat pada uji determinasi secara presentase adalah 53,70% dengan hasil koefisien determinasi ini, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian PT. Giant Transporter Indonesia, cabang Medan 53,70% dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 46,30% merupakan sumbangan faktor lain yang dapat dijelaskan oleh variabel lain diluar model