MEMPERSIAPKAN GENERASI UNGGUL MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Strategi Pelayanan Klinik dan Pengembangan Percaya Diri
Date
2022-07-29Author
Hartono, Hartono
Nuryani, Wenti
Kusumastuti, Eny
Aprilia, Vina
Metadata
Show full item recordAbstract
Memepersiapkan generasi unggul di masa yang akan datang diantara salah satunya adalah melalui pembelajaran tari. Pembelajaran seni tari, selain menghibur dan menyenangkan bagi anak dapat sebagai sarana untuk memberi pelayanan klinis dan menanamkan percaya. Tujuan penelitian mengkaji strategi pelayanan klinik dan pengembangan percaya diri anak melalui pembelajaran seni tari, sebagai upaya menyiapkan generasi yang unggul. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berkaitan dengan pelayanan klinis, pada anak-anak yaitu dalam bentuk terlatihnya otot tangan, kaki, leher, badan. Sehingga pembelajaran tari secara otomatis memberi pelayanan klinik berupa kebugaran bagi anak. Hasil proses pengembangan percaya diri dalam pembelajaran tari adalah saat anak meragakan tari dihadapan teman-temannya, tanpa ada kekhawatiran disaat maju kedepan dengan penuh antusias, dan dengan rasa senang serta bangga. Kebaruan temuan ini adalah pendidikan tari sebagai media dan sertaanya diperoleh keterampilan menari bagi anak. Implikasi hasil penelitian ini, bahwa pembelajaran tari dapat menstimulasi potansi peserta didik.
Collections
- Ilmu Pendidikan [46]