ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII UPT SMP NEGERI 37 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Perbandingan Kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A, VII-B, VII-G dan VII-H. Namun dikarenakan situasi covid-19 maka hanya 15 orang peserta didik dari setiap kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis data kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan menunjukkan bahwa; (1) kesulitan dalam menentukan hal yang diketahui dan ditanyakan diperoleh (16%), (2) kesulitan dalam membuat pemodelan matematika dari masalah yang ditemui diperoleh (28%), (3) kesulitan dalam memilih dan menggunakan rumus yang tepat untuk menyelesaikan masalah matematika diperoleh (44%), (4) kesulitan dalam menginterpretasikan hasil diperoleh (12%). Sedangkan hasil analisis berdasarkan nilai peserta didik, nilai yang dikelompokkan antara (45-49) dengan kriteria kesulitan tinggi merupakan nilai yang paling banyak diproleh peserta didik yaitu sebanyak 20 orang peserta didik atau sebesar 33%. Sehingga mengacu pada hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan memiliki kriteria tinggi.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]