PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 2 BINJAI T. P. 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII SMP Negeri 2 Binjai T.P. 2021/2022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Binjai. Dengan menggunakan teknik random Sampling, maka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-1) dan sebagai kelas kontrol (VIII-2). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil hitung pada kemampuan koneksi ditunjukkan bahwa nilai (sig.) 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, perhitungan kelas eksperimen pada kemampuan literasi numerasi mempunyai nilai rata-rata dan pada kelas kontrol kemampuan literasi numerasi mempunyai nilai
rata-rata . Dari nilai Adjusted R Square (koefisien determinasi) didapatkan pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep sebesar 0,516 yang artinya kontribusi model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan literasi numerasi pada materi sistem persamaan linear dua variabel sebesar 51,6%. Dengan memperhatikan nilai (sig.) yang diperoleh, maka dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran pencapaian konsep terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 2 Binjai T. P. 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas, maka dapat disimpulkan model pembelajaran pencapaian konsep memberi pengaruh lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Negeri 2 Binjai T. P.
2021/2022.
Collections
- Pendidikan Matematika [662]